Senin, 18 Maret 2013

AGENDA WORKSHOP APRIL 2013


1. WORKSHOP MENGENAL TEKNIK-TEKNIK MANIPULASI LAPORAN KEUANGAN

WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Sabtu, 6 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM,  Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG



2.WORKSHOP TEKNIK-TEKNIK FRAUD & EFEKTIFITAS INTERNAL CONTROL SERTA ASPEK HUKUMNYA

WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Sabtu, 13 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM, Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG



3.WORKSHOP TEKNIK-TEKNIK FRAUD & EFEKTIFITAS INTERNAL CONTROL SERTA ASPEK HUKUMNYA



WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Sabtu, 13 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM, Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG



4.WORKSHOP MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Senin, 29 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM, 

Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG




INFO LEBIH DETAIL LIHAT PADA SUB TOPIK MASING** 

WORKSHOP INTERNAL AUDIT


WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Selasa, 23 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM, 

Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG





LATAR BELAKANG
Dalam suatu Perusahaan dibutuhkan auditor internal yang mampu menyusun rencana audit yang lengkap dan jelas, prosedur dan instruksi kerja yang terdokumentasi serta memiliki kompetensi untuk menghasilkan laporan hasil audit secara benar dan tidak memihak, yang harus dilengkapi dokumentasi dan komunikasi serta tindakan koreksi yang efektif dan tepat waktu. Hal ini dapat dicapai melalui kombinasi dari pendidikan, pelatihan serta pengalaman kerja dalam rangka memahami kedudukan, tugas pokok, fungsi, serta kegiatan audit internal dalam entitas Perhotelan.
Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi terkait internal audit perusahaan maka dengan ini kami mengadakan pelatihan ini agar peserta setelah mengikuti pelatihan ini dapat memahami pentingnya pengendalian intern suatu perusahaan untuk mencegah dan mendeteksi adanya kecurangan, kelemahan, membedakan antara kelemahan dan hambatan serta kendala dan beberapa hal mendasar dan spesifik dalam pengendalian intern (internal control).
POKOK BAHASAN
¨ Terminology Internal Audit Perhotelan
¨ Professional Internal Audit Perhotelan
¨ Hotel Corporate Governance
¨ Internal Audit Service Perhotelan
¨ Proses Audit Internal Perhotelan
¨ Penilaian Resiko Perhotelan
¨ Survey Pendahuluan Untuk Penugasan Audit Internal Perhotelan
¨ Hotel Internal Audit Program
¨ Pembuktian Internal Audit Perhotelan
¨ Kertas Kerja Internal Audit (KKA) Perhotelan

NARASUMBER :
DR. IBNU RACHMAN, SE., Ak., MSi., MM., QIA
· Praktisi akuntansi audit & pengendalian internal,
· Akademisi di Beberapa Perguruan Tinggi,
· Bertifikat Profesional Internal Audit,
· Pernah bekerja sebagai auditor di Kantor Akuntan Publik,
· Pengajar Kursus Internal Auditor.

BIAYA WORKSHOP

¨ Rp. 1.750.000 / Peserta (Hanya Biaya Pelatihan)

¨ Rp. 2.500.000 / Peserta (Biaya Pelatihan Termasuk Akomodasi 1 malam)




WORKSHOP TEKNIK-TEKNIK FRAUD & EFEKTIFITAS INTERNAL CONTROL SERTA ASPEK HUKUMNYA


WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Sabtu, 13 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM, 

Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG






LATAR BELAKANG
Akhir-akhir ini banyak kasus-kasus fraud ditemukan di berbagai sektor seperti perbankan, BUMN, dan perpajakan. Tercatat beberapa kasus seperti kasus Melinda Dee, kasus Bank Suma, kasus Bank Global, kasus Gayus Tambunan, kasus Bank Mandiri dan lain-lain. Seolah-olah praktek bisnis yang ada saat ini tidak dapat lagi dipercaya & internal control tidak lagi dapat diandalkan untuk mencegah adanya fraud.

Namun sebenarnya fraud dapat dikenali dan dicegah sebelum terjadi, yaitu dengan membangun internal control yang sehat, SOP yang memadai, dan memahami perilaku-perilaku fraud yang ada di perusahaan. Disamping itu, tindakan yang tegas dengan memberikan sanksi hukum terhadap pelaku fraud diharapkan dapat mengurangi frekuensi terjadinya fraud di korporasi.

Tidak jarang pula, pelaku lapangan fraud dikenakan sanksi pidana dan perdata, sedangkan otak pelakunya bebas berkeliaran. Kondisi ini tentunya harus disikapi dengan hati-hati oleh siapa saja yang menduduki posisi-posisi tertentu di suatu korporasi.
Bagaimana manajemen korporasi menyikapi fraud? Kami mengadakan pelatihan terkait bagaimana mengenali teknik-teknik fraud yang dilakukan dalam kejahatan korporasi dengan sub topik sebagai berikut:

POKOK BAHASAN
Sesi I  : Pemahaman terkait fraud, perilaku pelaku fraud dan aspek hukumnya, 
Sesi II : Sanksi pidana, perdata dan perbankan yang dikenakan terhadap pelaporan  fraud pada korporasi.
Sesi III: Peranan internal control dan internal audit dalam mencegah fraud.
Sesi IV: Bedah kasus perbankan seperti kasus Melinda Dee, kasus Gayus Tambunan, Bank Global, Bank Mandiri dan lain-lain.


NARASUMBER :
MARISI P PURBA, SE., AK., MH.
· Beliau adalah Praktisi Akuntansi,
· Penulis Buku Akuntansi & Audit,
· Akademisi di Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) UNPAD, UNISBA & UK Maranatha.
· Manajer Analisa Implementasi IFRS di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
· Pernah bekerja sebagai auditor di KAP Andersen dan Grant Thornton International,
· Pernah bekerja Sebagai Dewan Review Mutu Akuntan Publik.


BIAYA WORKSHOP

¨ Rp. 1.750.000 / Peserta (Hanya Biaya Pelatihan)

¨ Rp. 2.500.000 / Peserta (Biaya Pelatihan Termasuk Akomodasi 1 malam)




WORKSHOP MENGENAL TEKNIK-TEKNIK MANIPULASI LAPORAN KEUANGAN


WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal : Sabtu, 6 April 2013

Tempat : HOTEL IMPERIUM, 

Jl. DR. RUM NO.32-33,  BANDUNG





LATAR BELAKANG

Creative accounting adalah usaha yang dilakukan manajemen dalam earning management dengan melakukan modifikasi data keuangan melalui cara-cara yang kreatif. Cara-cara tersebut dapat berupa manipulasi terhadap data akuntansi atau mencari celah-celah yang ada pada Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku.

Di Indonesia terdapat beberapa kasus creative accounting seperti kasus Kimia Farma, kasus Great River, Agis dan lain-lain yang sempat mengguncang BEI. Di Amerika Serikat juga tidak kalah seru, tecatat beberapa kasus besar seperti Adelphia, Enron, Worldcom dan lain-lain. Kasus-kasus tersebut menunjukkan bagaimana manipulasi laporan keuangan melalui teknik-teknik creative accounting dapat dijadikan cara untuk menipu investor, petugas pajak, karyawan, kreditor dan lain-lain.  

Tidak jarang, calon nasabah melakukan creative accounting untuk memperoleh kredit perbankan dan biasanya yang menjadi korban adalah pihak bank yang berperan sebagai kreditor yang menyalurkan dana. Bagaimana menyikapi earning management yang dilakukan oleh nasabah perbankan? Kami mengadakan pelatihan terkait bagaimana mengenal teknik-teknik creative accounting dan aspek hukumnya dengan sub topik sebagai berikut:

POKOK BAHASAN
Sesi I: Aspek legal pelaporan keuangan dan peranan auditor eksternal dalam mencegah earning management,
Sesi II: Sanksi pidana, perdata dan perbankan yang dikenakan terkait manipulasi laporan keuangan perusahaan,
Sesi III: Teknik-teknik menaikkan laba dan memoles rasio-rasio laporan keuangan perusahaan
Sesi IV: Make-up laporan keuangan ala Enron, Adelphia dan Cendant serta make-up laporan keuangan ala korporasi Indonesia seperti dalam kasus Kimia Farma, Great River dan lain-lain.


NARASUMBER :
MARISI P PURBA, SE., AK., MH.
· Beliau adalah Praktisi Akuntansi,
· Penulis Buku Akuntansi & Audit,
· Akademisi di Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) UNPAD, UNISBA & UK Maranatha.
· Manajer Analisa Implementasi IFRS di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
· Pernah bekerja sebagai auditor di KAP Andersen dan Grant Thornton International,
· Pernah bekerja Sebagai Dewan Review Mutu Akuntan Publik.


BIAYA WORKSHOP

¨ Rp. 1.750.000 / Peserta (Hanya Biaya Pelatihan)

¨ Rp. 2.500.000 / Peserta (Biaya Pelatihan Termasuk Akomodasi 1 malam)




KURSUS AKUNTANSI



ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT
(BELAJAR MUDAH MEMBACA & MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN)


LATAR BELAKANG
Di dalam lingkungan bisnis saat ini ada kebutuhan yang terus meningkat untuk setiap orang yang bertugas di semua tingkat (level) manajemen untuk mengenal dengan informasi akuntansi dan keuangan. Mereka diharapkan mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan laporan keuangan seperti laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan laba rugi komprehensif secara benar serta dapat berpartisipasi dalam penyusunan anggaran (budgeting) dan laporan keuangan lainnya.
Para manajemen eksekutif di luar bidang keuangan acapkali sulit untuk berkomunikasi dan memahami istilah-istilah teknis di dalam bahasa keuangan Padahal setiap masalah fungsional selalu berkaitan dengan keuangan ataupun pencatatannya (akuntansi).
Laporan keuangan adalah modal utama dalam pertanggung jawaban kinerja (performance) suatu perusahaan. Laporan keuangan yang rinci membutuhkan pengetahuan dasar akuntansi dan keuangan yang baik. Tidak hanya itu, laporan keuangan dapat menjadi dasar bagi suatu perusahaan untuk menyusun perencanaan keuangan untuk kegiatan perusahaan selanjutnya. Informasi keuangan bagi manajemen eksekutif sangat membantu seorang manajemen melakukan keputusan strategis agar perusahaan mampu melewati tantangan dan hambatan sehingga berhasil mencapai tujuan perusahaan. Penyusunan laporan keuangan harus mengacu kepada prinsip akuntansi yang berlaku umum. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang di susun oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI merupakan acuan utama penyusunan dan penyajian laporan keuangan di Indonesia.

POKOK BAHASAN
SESI 1 : Pengenalan Akuntansi

SESI 2 : Pencatatan dalam Jurnal

SESI 3 : Studi Kasus Penjurnalan

SESI 4 : Posting ke dalam Buku Besar

SESI 5 : Neraca Saldo

SESI 6 : Laporan Keuangan

SESI 7 : Ayat Jurnal Penyesuaian (AJP)
SESI 8 : Kertas Kerja - Neraca Lajur
SESI 9 : Penyajian Laporan Keuangan
SESI 10 : Studi Kasus Laporan Keuangan



MULAI BELAJAR

  1. KELAS INTENSIF     09 September 2013
  2. KELAS EKSEKUTIF  21 September 2013
  3. KELAS INTENSIF     21 Oktober 2013
  4. KELAS EKSEKUTIF  19 Oktober 2013
  5. KELAS INTENSIF     18 November 2013
  6. KELAS EKSEKUTIF  23 November 2013


TEMPAT PELATIHAN
RUANG PELATIHAN STUFEN INTERNATIONAL :
Gedung Marc Place, Lantai 4, Ruang 401, Jl. Dr. Rajiman No. 1, Pasirkaliki, BANDUNG 40171

BIAYA PELATIHAN
Rp. 1.500.000 / Peserta  dengan Fasilitas : Materi Pelatihan, Training Kit, Sertifikat, Snack/Sesi, Ruangan Ber-AC, Pembelajaran Menggunakan Infocus / LCD.

KETERANGAN
¨ Diskon Rp.500.000 Bagi 5 Pendaftar Pertama Sebelum Tanggal 31 Maret 2013
¨ Pelatihan akan dilaksanakan setelah jumlah peserta minimal 6 orang